adi onggoboyo’s note

Digitalstorytelling Untuk Pembelajaran

Posted on: August 22, 2011

Tatkala tradisi lisan transfer pengetahuan bertemu dengan situasi digital, muncullah cara baru untuk dikembangkan sebagai metode pembelajaran: Digital Storytelling!

Digital storytelling pada dasarnya adalah suatu kegiatan mengkombinasikan narasi cerita dengan konten digital, yang didalamnya termasuk gambar, suara, musik, atau video, sehingga dihasilkan sebuah film singkat yang menarik. Digital storytelling dapat dibuat dalam format instruksional untuk pengajaran, persuasif, historis, atau sebagai kegiatan reflektif. Banyak ahli pendidikan percaya bahwa digital storytelling dapat diterapkan di berbagai mata pelajaran, dan dapat mengakomodasi berbagai macam gaya belajar siswa.

Pada penerapannya, sebagai contoh di dalam mata pelajaran ilmu-ilmu sosial untuk siswa. Pertama, siswa ditugaskan untuk melakukan riset kecil atau observasi terkait situasi sosial kemasyarakatan yang mereka minati, yang disesuaikan dengan kompetensi dasar dari suatu bab pembelajaran. Penugasan ini bisa bersifat individual atau kelompok. Penugasan kelompok punya sisi positif untuk meningkatkan kemampuan kerja sama, problem solving, dan saling menghargai perbedaan, yang semuanya itu adalah kompetensi lain yang harus dikembangkan dalam menghadapi tantangan abad ke-21.

Kedua, setelah siswa mendapatkan data, mereka melaporkannya melalui rangkaian kombinasi narasi yang diucapkan siswa secara verbal dengan konten digital dalam sebuah digital storytelling. Format pelaporan ini akan menjadi lebih sederhana dibandingkan dengan format tata tulis karya ilmiah yang kerap membuat siswa agak malas membuatnya, karena sangat rigid dan formal tata aturan penulisannya. Siswa hanya membutuhkan sedikit keterampilan untuk software pengolah konten digital seperti Photostory atau Movie Maker, ditambah dengan mikrofon untuk pengisian suara.

Ketiga, hasil digital storytelling yang dibuat siswa akan diapresiasi bersama, didiskusikan di dalam kelas, atau bisa juga dikompetisikan di sekolah. Keempat, semua digital storytelling karya siswa dapat kemudian di unggah melalui jejaring sosial di internet untuk saling berbagi, berpartisipasi, berkolaborasi lebih lanjut, mendistribusikan pengetahuan untuk spektrum yang lebih luas.

Untuk pembelajaran bidang ilmu-ilmu sains, bisa dikreasikan misalnya dengan pembuatan digital storytelling untuk praktikum biologi, fisika, atau kimia. Pada tataran ini, guru dapat melihat laporan proses jalannya percobaan yang lebih objektif, dan bisa menyimpulkan apakah siswa sudah melakukannya dengan benar atau tidak, sehingga guru dapat meminimalisir peluang terjadinya manipulasi data yang dilaporkan oleh siswa secara tertulis. Untuk pelajaran bahasa inggris, digital storytelling akan sekaligus mengasah kemampuan berbahasa inggris dengan baik dan benar. Pada intinya, metode digital storytelling dapat dipakai di semua mata pelajaran.

Banyak keuntungan menggunakan metode ini. (1) Memperkaya cara pendekatan lisan yang selama ini kerap dipakai sebagai alat transfer nilai dan norma, (2) Siswa mengekspresikan diri mereka tidak lagi dengan kata-kata tertulis, namun juga dengan suara yang terintegrasi dengan konten digital, membuat rasa memiliki yg baik terhadap karya, juga sebagai representasi diri yang meneguhkan identitas mereka, (3) membuat pembelajaran lebih menarik, lebih menantang, tidak membosankan, dan berpeluang untuk mengasah semangat kompetisi, mengembangkan kreativitias dan inovasi, kebersamaan dalam kelompok, sekaligus bagi guru dapat menjadi tempat untuk memberikan penghargaan yang baik atas karya siswa, (4) memungkinkan diproduksi secara rutin untuk di distribusi dan kemungkinan dikolaborasi lebih lanjut melalui partisipasi melalui media sosial di internet, sekaligus mempercepat tersebarnya konten pengetahuan untuk semua.

Advertisements

1 Response to "Digitalstorytelling Untuk Pembelajaran"

Assalamualaikum.. Sy ingin bertanya apakah bpk tahu nama2 sekolah di jakarta yang guru2nya mengaplikasikan penggunaan Digital Storytelling ini dikelasnya? Terutama dalam mata pelajaran Bahasa Inggris? Mohon infonya pak ke nevita.indah@live.com terimakasih banyak. Wassalaualaikum 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 11,784 hits

Pages

Twitter Updates

%d bloggers like this: