adi onggoboyo’s note

Wiimote interactive, bisnis, etis, dan idealisme

Posted on: September 11, 2011

Saya harus menjelaskan ini untuk mencerahkan rekan-rekan guru atau pendidik yang ingin membeli paket Wii-remote interactive whiteboard yang menggunakan wii-remote dari nintendo sebagai perangkat utama. Semua bermula dari ide kreatif dan cerdas dari Johny Chung Lee yang saat itu di Carniege Mellon University US, ia membuat sebuah alternatif penggunaan wii-remote dari nintendo untuk pembuatan interactive whiteboard. Dia sendiri membuat beberapa project berbasis alat wii remote itu. Project selengkapnya dapat dilihat di SINI.

Lalu kemudian software pendukung untuk kalibrasinya dikembangkan lebih lanjut oleh Goh Boon Jin dari Singapura yang membuat smoothboard untuk mengaktivasi dan mengkalibrasi wiimote dan layar yang akan dijadikan interaktif. tentang smoothboard bisa dilihat di SINI.

Sementara saya sendiri baru dapat infonya di awal tahun 2011 ini, beberapa penggiat pendidikan di Indonesia, misalnya di blognya bung Gora yang memposting tentang hal ini di tahun 2008 (lihat selengkapnya di SINI). Saya perhatikan, ini kemudian membuka peluang baru untuk dibisniskan jika dibuat paketan lengkapnya mengingat harga smartboard + software SMART-nya bisa mencapai di kisaran 20 juta-an per buah, sesuatu yang sangat mahal untuk hampir kebanyakan sekolah di negeri kita, apalagi penggunaannya difungsikan untuk satu kelas. Bayangkan jika di sebuah sekolah yang punya 10 kelas yang kalau dipasang smartboard tiap kelasnya, maka sekolah harus mengeluarkan 200juta hanya untuk pengadaan itu. Cape deh 😦

Maka alternatif wii remote interactive ini kemudian disambut beberapa kalangan di Indonesia dengan membisniskan paketan-paketan ini. Mereka membandrol harganya di kisaran 3-4,8 juta dengan nama yang macam2. Saya sendiri dan kawan-kawan di medresa foundation bandung, mencoba penggunaan wiimote interactive ini di SD RSBI SMP Muhammadiyah 7 Antapani Bandung, ini videonya:

Lalu mari kita coba hitung biaya pembuatan paket wiimote ini dengan asumsi paling mahal: wii remote satuan setelah dicek harganya 450 rb, software asli smoothboard-nya Boon Jin 300rb, tripod untuk tempat wii remote 75 rb, IR-pen tidak bikin sendiri beli yang kualitas bagus di ebay sekitar 160rb. Totalnya tidak sampai sejuta kan?? ini asumsi mahal, kalau bikin IR-pennya sendiri, harga IR LED VISHAYΒ  TSAL6400 di surabaya hanya 6600/buah (saya juga punya stol harganya 5000/buah) + resistor + kabel+tempat spidol palingan abis gak sampe 50rb. Belum lagi kalau pakai softwarenya yang versi bajakan alias gratis hehe jadi bisa jauh lebih murah. Jadi data pertama, biaya pembuatan paket wiiremote interactive sendiri maksimum 1juta.

Tadinya kami ingin mengembangkan alat ini sehingga lebih mapan dan lebih bagus dengan merk sendiri, tapi sebelumnyaΒ  kami mencari dan membandingkan dengan produk yang mungkin sudah ada dipasaran. Dan ternyata hasilnya: memang sudah ada dan jauh lebih keren dari wiimote interactive (krn memang wiimote gak didesain khusus utk interactive whiteboard, tapi buat maen game). Kami coba Onfinity CM2 di kantor kami emang lebih keren dari pake wiimote. Yang belum tahu seperti apa onfinity CM2 bisa lihat video ini:

harga onfinity cm2 yang kami cari di pasaran di kisaran 5 juta-an, tapi kami dapat seorang penjual yang bisa menekan harganya hingga 4 juta-an πŸ˜€ . Sementara itu, kami coba cari lagi yang lain, tidak sengaja kami bertemu kawan lama di kampus dulu pada saat jalan-jalan di sebuah mall di bandung, dia sedang bertugas jadi sales executive untuk produk vimeo yang katanya keluaran PT.Satusolusi. Ini videonya:

temen saya menawarkan harganya 4,5 juta. wah harganya lebih murah dari harga Onfinity Cm2 yang normalnya di 5juta-an dengantampilan dan kinerja yang gak kalah canggih πŸ˜€ tapi temen saya itu kasih clue: ini produk cina πŸ™‚

nah, lalu kami cari dari china-nya langsung, dan nemu benda yang sama persis dengan Vimeo yang bernama i-interactor, yeaaaa…jadi tau darimana si Vimeo asalnya. Dan harga yang kami dapatkan untuk i-interactor adalah 2jutaan :p (kalo dihitung dengan biaya lain2nya yaa mendekati 3juta lah/buah), jadilah kami langsung beli dari cina, barangnya persis sama dengan vimeo dan memang Vimeo=i-interactor. Ini videonya i-interactor (silahkan buka di tab baru):

http://v.youku.com/v_show/id_XMjE2NDQ3Mjg0.html

kami coba di kantor dan hasilnya memang oke banget, sama kerennya dgn onfinity cm2, lalu i-interactor ini bisa autocalibration yang sangat mudah hanya dalam waktu 6-10 detik, barangnya simpel, portable, tidak perlu pakai bluetooth krn via USB, IR-pennya juga bisa klik kanan, punya pointor, dan jg punya edu-softwarenya untuk pendidikan meski masih jauh kelasnya di bawah software SMART besutan Smart Technologies, tapi saya yakin mereka bakal terus mengembangkan untuk secanggih SMART. Jadi data kedua, ada beberapa produk diluar wiimote interactive yang kisaran harganya 2-5jutaan.

Karena saya punya ipad2, lalu saya mencari apps untuk guru. Hasilnya, nemu beberapa apps yang mendukung interactive whiteboard, salah satunya yang simpel adalah apps ShowMe. Berikut ini video saya pake ShowMe:

saya juga punya penyambung ipad ke proyektor. Jadi dengan ipad+apps interactive whiteboard yang FREE, guru malah bisa sambil jalan2 dan nulis dari ipadnya tanpa perlu nulis secara elektronik di depan layar/papan tulis πŸ™‚ . Nah, harga ipad1 yang 16GB non 3G sekitar 4-5jutaan ya, klo ipad 2 di sekitar 6 jutaan. Hasil pakai ipad ini tulisannya sangat halus banget, dan tidak perku IR-pen, cukup pakai tangan kita :). Data ketiga, pakai ipad sudah memungkinkan untuk interactive whiteboard.

Nah, suatu ketika saya mencari di internet, lalu ketemulah beberapa orang Indonesia yang buat paketan Wii-Remote interacttive whiteboard dengan bandrol harga 4,5-4,8juta. Busyeeet. Saya gak akan sebut merk-nya apa saja, silahkan cari sendiri di toko-toko online terkenal. Lalu suatu ketika yang lain, ketika kami ingin mengembangkan usaha dengan membuka kredit laptop dan tablet, ternyata keuntungan bersih rata-rata penjualan laptop hanya sekitar 150rb saja :). kalau begitu, jika bikin paketan wii-remotenya saja cuma maksimum 1juta, lalu ada produk yang lebih canggih dan lebih mapan di kisaran 2-5juta, lalu jualan laptop saja untung bersih per laptopnya cuma 150ribu, maka yang jualan paketan wii-remote interactive whiteboard mengambil untung yang gila-gilaan: dari 1 juta ke 4,5 atau 4,8 juta πŸ˜€ OMG. Kalau harganya mirip, kenapa gak beli i-interactor saja yang max-nya 3 jt ato Onfinity cm2 yg 5 jt sekalian canggih? daripada beli wiiremote yang masih banyak keterbatasannya juga hehe πŸ˜€

Nah, suatu ketika yang lain, saya didatangi seorang dari daerah (kabupaten tententu) yang memiliki akses dan jaringan baik ke sekolah dan dinas pendidikan di kabupaten tersebut. Ia bercerita tentang kebutuhan interactive whiteboard karena memang menarik dan baik untuk diimplementasikan. Untuk awalan, dia bilang dia sudah beli contoh sebanyak 3 buah paketan wii-remote interactive dengan harga per buah 4,5 juta (jadi 13,5 juta cuma buat 3 paket wiimote?ngeriii). Lalu di ajuga bercerita ada sekolah yang minat banget tapi 4,5 juta dirasa kemahalan (emang sih buat kebanyakan sekolah negeri kita, ini realitas), jadi karena ngebet banget akhirnya kredit ke salah satu lembaga kredit sehingga jatuh-jatuhnya harga itu paket wii-remote 7juta. Ya Allah, kenapa gak sekalian aja beli ipad2 udah dapet tuh :(( huhuhu… Lebih stress lagi ketika saya diinfokan bahwa pembelian-pembelian itu berasal dari anggaran dana BOM dan BOS yang dikucurkan pemerintah untuk sekolah. Beneran nangis deh saya πŸ˜€ Belum lagi kalau ternyata barang-barang yang telah dibeli mahal itu kemudian tidak terlalu banyak fungsinya karena secara kultural dan skill guru-gurunya masih banyak yang masih belum melek ICT :(( nangis ganda deh gw..

Rekan-rekan semua yang budiman, dunia pendidikan kita ini butuh banyak pertolongan bukan eksploitasi bisnis. Benar bahwa bisnis sangat boleh di bidang pendidikan, tapi kalau sampai eksplitatif, saya kira itu sudah tidak etis lagi. Silahkan rekan-rekan yang mau membisniskan paketan wiiremote interactive, tapi ambil keuntungannya juga jangan kebangetan dong, ya dijualnya 1,5 juta saja kan sudah untung sangat lumayan tho? mosok sampai 4,5-4,8 juta?? Kami sendiri memang membuat paketan kayak gini juga yang dibandrol 1 juta rupiah dengan keuntungan bersih per paket buat kami 200ribu rupiah, itupun biaya keuntungannya akan dipakai untuk pendanaan gerakan sosial kami gerakan #gurudigital untuk adaptasi kultural dan akselerasi penggunaan dan integrasi ICT bagi guru dan pendidik dalam pembelajaran dan pendidikan secara cuma-cuma alias GRATISSSSSSSS…dah dulu ah saya mau beraktivitas lagi, mudah2an tulisan ini dapat membantu dan mencerahkan semua tanpa tendensi kebencian untuk menjatuhkan yang sedang berbisnis πŸ™‚

Note: Masih kebayang euy 13,5jt dikeluarin cuma buat beli 3 paketan wiimote interactive 😦

Advertisements

9 Responses to "Wiimote interactive, bisnis, etis, dan idealisme"

Tulisan yang bagus, sayangnya ternoda dengan menyarankan penggunaan software bajakan. Walaupun konteksnya mungkin bercanda, tapi mengajarkan mencuri sangat tidak etis untuk dilakukan seorang pendidik.

terima kasih pak donny sudah mengingatkan saya πŸ™‚ benar itu tulisan mengalir hanya sekadar bercanda tapi jd ternoda, saya yang tidak hati-hati..Sy pribadi beli software Boon Jin yang aslinya pake kartu kredit.. mudah2an sy bisa lebih baik ke depan.. thx πŸ™‚

Saya mo tanya kalo pesan LED dan resistornya harganya berapa dan apakah ada jumlah minimum pemesanan.

Salam,
Agust
Jakarta

saya punya stok IR LED-nya merk VISHAY TSAL6400, harga per buahnya 5ribu rupiah, minimum pemesanan 5 buah. kalau berminat bisa kontak sy.. resistornya kami gak jual.. klo paketan lengkapnya yg udah jadi wiimote interactive, diproduksi terbatas oleh kawan2 di bagian produksi (sy sendiri hanya user yg memakainya utk pembelajaran di kelas).

saya mau pesan ir lednya mas…..kalau pesan 10 buah berapa biaya barang dan ongkos kirim semuanya?
thanks

klo mau bli paketan di mana mas ?

Syukron katsiron infonya akhi…ana sangat bersyukur membaca posting ini..

assalamualaikum
kalau mau pesan paketan yang uda lengkap jadi wiimote interactive bagaimana caranya? berapa harga?
makasih

Kalo mau beli paketan utk wiimote dan i-interactor kira kira bsa beli dimana ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 11,568 hits

Pages

Twitter Updates

%d bloggers like this: